Hari gene pake software free lisence aja

on Tuesday, October 16, 2007

Anda mungkin pernah berusaha mencari utiliti sistem untuk keperluan komputer anda tetapi tidak anda temukan yang pas dengan kebutuhan anda. Jika anda mencari langsung di internet, yang anda temukan lebih banyak merupakan iklan-iklan software-software mahal yang tidak mungkin anda beli dan tentunya banyak yang lebih baik dan merupakan open source gratis. Saya juga pernah merasakan betapa stress-nya mencari software yang saya butuhkan untuk keperluan komputer saya dengan search engine. Di bawah ini adalah daftar sistem utiliti software open source yang bisa anda pergunakan bebas untuk keperluan anda.

1. 7-Zip
http://www.7-zip.org
Anda mungkin pernah menggunakan winzip untuk keperluan kompresi arsip file-file anda, tetapi sayang sekali winzip yang ada merupakan software mahal padahal dengan menggunakan software open source ini anda bisa mendapatkan kemampuan yang sama dan mungkin dengan beberapa fitur lebih baik daripada winzip.

2. Bacula
http://www.bacula.org
Bacula ini merupakan satu set program komputer open source untuk mengatur jaringan sistem backup (network backup system) untuk OS Linux/Unix, Mac dan Windows.

3. BigZip
http://bigzip.sourceforge.net/
BigZip ini merupakan utiliti kompresi yang berbasis pada pemrograman java.

4. Burn
http://burn-osx.sourceforge.net
Aplikasi open source burning CD dan DVD gratis ini dapat membantu anda untuk membuat CD/DVD audio, data dan video dalam berbagai format file.

5. CamStudio
http://www.camstudio.org
Aplikasi casting screen terbuka ini dapat membantu anda untuk membuat audio dan video kemudian bisa anda simpan untuk playback.

6. coLinux
http://www.colinux.org
Cooperative Linux ini bisa membantu anda untuk menjalankan OS Linux secara paralel langsung dengan windows pada OS windows/linux sebagai OS utamanya.

7. Cream
http://cream.sourceforge.net
Open source editor teks ini sangat menyenangkan dengan interface yang interaktif, menu pull-down dan lain-lain.

8. G4U
http://www.feyrer.de/g4u/
Software open source cross-platform untuk semua OS ini merupakan aplikasi cloning image hard disk.

9. GParted
http://gparted.sourceforge.net
Partition Manager open source ini disertai dengan pilihan fasilitas direct boot dari CD atau USB.

10. Handbrake
http://handbrake.m0k.org
Converter/Ripper open source untuk mengkonversi DVD ke MPEG-4 ini memiliki kemampuan untuk mengenkripsi seluruh file DVD.

11. Launch4j
http://launch4j.sourceforge.net
Wrapper open source untuk file ber-ekstensi jar ini mendukung Mac, Linux dan Solaris. Dapat anda gunakan untuk aplikasi java anda.

12. UPX
http://upx.sourceforge.net
UPX ini merupakan paket utiliti untuk membuat file berformat exe (executable) dengan rasio kompresi tinggi dengan high performance.

0 comments: